Jumat, 14 Oktober 2011

Etika Berinternet

ETIKA BERINTERNET
     Internet merupakan suatu jaringan komunikasi yang banyak di gunakan bahkan hampir seluruh penduduk dunia ini menggunakan internet dari mulai anak kecil sampai dengan orang dewasa. Internet menyediakan banyak data atau informasi yang kita inginkan mulai dari pelajaran bahkan games pun ada dalam dunia maya ini. Internet pun member kemudahan bagi anda semua hanya tinggal mengetik kata kunci yang anda inginkan lalu keluarlah semua data yang anda butuhkan.
          Etika sebenarnya mengikat erat pergaulan manusia di manapun ia berada, dan bagaimanapun cara atau media interaksi yang digunakan. Di masa kini media dan teknologi dalam pergaulan manusia telah berkembang sangat canggih. Hal ini menjadikan ruang dan waktu tidak lagi menjadi penghalang, dimanapun dan kapanpun komunikasi dapat dilakukan. Namun demikian, satu hal yang akan tetap terus berlaku, bahwa apa dan bagaimanapun media komunikasi yang digunakan harus tetap dilandasi dengan etika. Internet dengan berbagai aplikasinya banyak memberikan peluang pergaulan dunia maya yang tanpa batas. Mulai dari website, email, chatting, weblog, facebook, bahkan yang terbaru twitter semakin memanjakan manusia untuk saling berkomunikasi. Terlepas dari peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan, etika menjadi kunci utama yang harus senantiasa diterapkan. Dengan komunikasi yang beretika, maka tujuan komunikasi akan tercapai tanpa menimbulkan kecurigaan dan prasangka negatif.
          Tahukah anda jika etika dalam berinternet itu penting? Lalu bagaimanakah tata cara berinternet yang baik dan benar, berikut terdapat tata cara etika dalam berinternet.
Tata cara etika berinternet :
1.     Perlakukan e-mail secara pribadi
2.    Jangan membicarakan orang lain
3.    Jangan menggunakan huruf capital
4.    Jangan terlalu banyak mengutip
5.    Jangan menggunakan CC (Copy Carbon)
6.    Jangan gunakan format HTML
7.    Jawablah secara masuk akal
8.    Sebaiknya untuk efisiensi penggunaan kata, gunakan singkatan yang sudah lazim di gunakan
9.    Jangan pernah memberikan nomor telepon atau personal information
10. Gunakan internet untuk mencari informasi yang di perlukan, gunakan search engine yang tepat.

http://alfiannn.multiply.com/journal/item/4/Etika_berinternet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar