Minggu, 18 Maret 2012

fenomena terkait kesehatan mental

Kesehatan mental masuk ke dalam teori psikologi sosial yang di kemukakan oleh Erikson. Menurutnya kesehatan mental adalah metode / usaha-usaha untuk mencapai mental yang sehat, Erikson juga menambahkan beberapa aspek mengenai kesehatan mental yaitu Intelektual, Sosial, Spiritual-Moral, Emosional.
                Melihat dari aspek maka kita lihat dari fenomena yang sedang terjadi, ambiilah contoh mengenai budaya merokok di kalangan remaja. Hal ini selain merusak kesehatan mental anak ini juga akan berdampak buruk pada perilakunya, berikut dampak merokok dilihat dari aspeknya :
-          Intelektual : merokok dapat mempengaruhi pola pikir remaja di karenakan remaja yang merokok akan cenderung berpikir pendek dan mengatasi semua masalah dengan merokok.
-          Sosial : ini mempengaruhi perilaku individu tersebut, individu itu akan cenderung meminta uang jajan lebih untuk membeli rokok setiap hari.
-          Spiritual – moral : dalam hal ini individu akan cenderung melakukan hal yang salah namun bagi dia apa yang dilakukannya adalah benar.
-          Emosional : individu akan cenderung emosi dan cepat marah apabila dia tidak mendapat uang untuk membeli rokok.

Maka itu, di sini peran orang tua amatlah sangat penting karena kesehatan mental di mulai dari manusia terlahir di dunia ini bahkan sebelum terlahir pun saat dalam kandungan kesehatan mental sudah menjadi penting bagi individu itu nantinya.

Referensi : www.google.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar